Sabtu, 05 Desember 2015

Tips Belajar Efektif dan Eifsien

Halo bro kali ini gue mau bagiin niee.. bagaimana ”tips belajar efektif dan efisien’’ itu artinya kita gak perlulah yang namanya belajar lama – lama, hanya menggunakan waktu yang singkat tapi dengan waktu yang singkat itu kita bisa memahami betul pelajaran yang ingin kita pelajari.
Nah sobat – sobat sekalian, kalian pasti ingin dong jadi pelajar yang sukses, baik sukses akademik maupun non akademik, terkadang kita merasa kecewa disaat kita memperoleh nilai buruk, lalu hati kita merasa .... ah gitu lah pokoknya, tidak dapat diungkapkan dengan kata – kata ...... ceillahh, nah setelah itu mungkin kita akan merasa kalau kita harus mengevaluasi belajar kita, tapi gimana.,????
Lalu kita browsing, cari – cari pengalaman dari temen-temen kita yang lebih pintar dari kita.’’ Hey bro kamu kok bisa pinter gimana sihh..??? kamu makanya apa..??? keseharian kamu apa..???’’ aneh ya, kita malah jadi orang yang kepo, kepo binggooo....!!!, kalu kepo itu memang boleh, misal : kepo ama pelajaran, materi pelajaran, dll. Tapi jangan sampai kita kebangetan keponya yaa... nanti malah jadi anak BOKEP lagi alias “bocah kepo”.
Nah ini dia tanpa basa-basi lagi saya akan bagiin strateginya, pahami..!!! kalau bisa catat..!!
1.       Menata hati
Pertama yang harus di lakukan adalah menata hati, apa yang kita lakukan untuk menata hati kita..??? nihh caranya pertama kita harus yakin dengan sepenuh hati kalau kita bisa, kita bisa cerdas, kita bisa pintar, kita bisa bersaing dengan mereka yang pintar-pintar, ok..??, pertama  yakinkan dalam hati dan berkatalah dalam hati “aku bisa..!! aku bisa..!!! aku pasti bisa...!!” lakukan terus dengan sungguh-sungguh sampai semangat dan mentalmu sudah bener-bener jadi
“mereka aja bisa kenapa kita enggak..??, mereka bisa cerdas kenapa kita gak bisa..??”
2.       Belajar rutin tapi tidak perlu waktu yang lama
Belajar rutin tapi tidak perlu yang lama..?? artinya belajar dengan waktu yang sedikit tapi sudah cukup memahamkan lah..pokoknya, baik itu 15 menit-30 menit sehari tidak apa-apa tapi kalu bisa lakukan itu secara rutin, disini saya piunya ide, belajarlah dengan cara nyicil, hahaha...!! maksudnya gini lho... kita niat belajar 3 jam misalnya, tapi di waktu yang 3 jam tadi kita gak perlu belajar terus berilah waktu senggang untuk istirahat sejenak, refreshing...!!.,menggambar..!!, atau minum kopii..!!, berilah waktu istirahat selama 10 menit atau 15  menit lalu belajar lagi selama 30 menit atau 15 menit , secara berulang –ulang  sampai waktu 3 jam habis, tapi belajarnya yang sungguh-sungguh yaa..!!.

3.      Membuat target belajar
Targetlah semua yang anda inginkan dari belajar kamu, targetlah nilai minimal yang harus anda dapatkan, peringkat berapa yang anda inginkan, atau orang yang ingin kalian lampaui. Lalu tulislah itu semua di selembar kertas dan tempelkanlah pada dinding, meja belajar, atau di tempat lain yang mungkin tulisan tersebut bisa anda lihat setiap saat, jadi kamu bisa ngelihat target belajar kamu dan punya keinginan lagi untuk belajar
4.      Gunakan metode mencatat
Gunakanlah metode mencatat karena itu baik sekali, kita bisa mengulangi pelajaran yang kita pelajari dalam bentuk catatan, mencatat hal-hal yang penting, dan bisa mengulangi pelajaran lagi kapan-kapan karena sudah kita tulis.
5.      Mengulangi lagi yang di pelajari
Ulangi peajaran yang anda pelajari, kita bisa mengulang pelajaran stelah pulang sekolah, atau disaat istirahat, sedang santai-santai dirumah secara rutin, ingat...!!! lakukan secara rutin, apabila kita bisa memprkatekanya secara rutin setiap hari pasti kita akan paham betul pelajaran yang anda pelajari, jadi kalau ada ulangan mendadak atau ulangan akhir semester yang harus mempelajari sampai satu paket buku...!! haaa...!! pasti malesi kan..???
jadi kalau kita mempraktikan metode tadi secara rutin berulang-ulang setiap hari pasti kita bisa santai sedikit karena kita sudah paham betul akan meterinya.
6.      Pahami konsep jangan dihafal
Pahami setiap konsep dari pelajaran, ingaat..!! pahami bikan dihafal. Bedanya apa.??? Nih bedanya kalau kita menghafal maka ya sudah, wah sudah hafal tapi kalau ada konsep lainya lagi maka konsep yang tadi kita hafalkan pasti kita akan lupa, kalau kita memahami konsep artinya kita memahami konsep itu dengan logika kita atau imajinasi kita dapat mewujudkan konsep itu. Jadi kita bakal apal terus konsep itu, kalau konsep itu keluar lagi otak kita akan merespon, “oooo... yang ini tho..!!”.
7.      Jalinlah komunikasi yang baik dengan guru
Untuk lebih memahami konsep pelajaran yang di berikan oleh guru cobalah untuk lebih akrab dengan guru anda, jangan sesekali berani membantah guru anda, jangan protes dengan pendapat  yang bisa membuat guru marah, dan bertanyalah segala kesulitan yang anda alami waktu belajar, anda bisa bertanya di saat guru mmemberikan kesempatan bertanya atau diluar pelajaran.
8.      Milikilah refrensi yang cukup untuk belajar
Refrensi belajar bisa berupa buku panduan, atau media internet yang sekarang sudah mendunia, tapi kalau bisa carilah refrensi melalui buku dulu, jangan pakai hp langsung kalau cari refrensi..!! karena kalau kita pakai hp malah gak jadi belajar lagi. Nanti malah main game lah, BBM-man lah,atau apa lah, ihhh...!! jangan sampai ya..!!
9.      Belajar kelompok
Nah ini dia niie...!! yang dapar membuat kita semangat belajar, karena sama temen-temen deket, dengan belajar kelompok kita bisa menambah dan memperkuat wawasan kita agar tidak mudah lupa, mengapa begitu..??? karena dengan belajar kelompok kita bisa saling sharing tentang pemahaman kita dan pemahaman mereka,  jadi kita bisa mengevaluasi dari pemahaman kita yang mungkin sedikit ada kesalahan, apalagi kalau belajar sama temen lebih menyenangkan dan mudah nyantolnya..!! hehehehe.
Tapi kalau udah niat belajar kelompok ya belajar ya..!! jangan hanya ngrumpi terus, ngomong terus, main teruss, kalau bisa mainya dikit-dikit lah, ok.
10.  Mengonsumsi makanan sehat
Konsumsilah makan yang sehat, misal makanan yang mengandung 4 sehat 5 sempurna, hindarilah makanan yang mengandung gula, Karbohidrat dalam bentuk apapun – seperti pasta, roti putih dan keripik kentang – dapat membuat anda merasa lelah dan malas. Efek dari memakan makanan ini akan membuat anda sulit berpikir jernih. Hal ini merupakan hasil dari insulin yang mengalir dalam darah anda untuk menangkal kadar gula yang terlalu tinggi.
Nah itulah tips-tips belajar agar sukses, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel saya yang berikutnya.

Bye...!!